Waspadai Strategi Playing Victim KKB Papua untuk Pecah Belah Bangsa

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merupakan gerombolan keji yang seringkali melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) yang tidak hanya tega menyerang aparat keamanan namun juga Orang Asli Papua (OAP). Masyarakat pun diminta mewaspadai strategi licik kelompok tersebut karena seringkali memutarbalikkan fakta dan informasi serta berpura pura menjadi korban (Playing Victim).

Masyarakat Papua juga diminta untuk selalu berhati-hati dan mewaspadai sepak terjang KKB. Hal tersebut berkaitan dengan beredarnya video penangkapan yang dilakukan oleh aparat keamanan kepada salah satu anggota gerombolan separatis tersebut, yang kemudian videonya menjadi viral di media sosial karena adanya tambahan narasi dan framing menyesatkan dari KKB Papua.

Ketika mengetahui adanya salah satu rekan mereka yang tertangkap oleh aparat keamanan, kelompok Kriminal di Bumi Cenderawasih itu langsung bergerak dengan sistematis dan terstruktur untuk mengolah suatu narasi atau framing dan kemudian disebarluaskan di media sosial atau di dunia maya.

Dengan mengunggah video penangkapan aparat keamanan prajurit TNI tersebut, KKB Papua kemudian memberikan narasi atau framing bahwa seolah-olah aparat sedang melakukan penyiksaan terhadap OAP.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa gerombolan Kriminal itu berusaha dan mencoba untuk memutarbalikkan fakta dengan mengubah kenyataan yang terjadi dengan menambahkan narasi dan framing mereka, lantaran hal tersebut bertujuan agar terbentuk narasi ketidakpercayaan dari masyarakat kepada upaya penegakan hukum yang tegas oleh aparat keamanan.

Selain itu, nantinya agar terbentuk sebuah persepsi diantara masyarakat luas bahwa memang seolah-olah aparat keamanan Republik Indonesia (RI) merupakan pihak yang gegabah dalam menjalankan tugasnya dan bahkan tidak memiliki belas kasihan atau juga tidak mengindahkan penerapan Hak Asasi Manusia (HAM).

Padahal nyatanya itu semua merupakan framing dan narasi playing victim yang dihembuskan oleh Markas besar TPNP-OPM Papua dengan tujuan memecah belah bangsa ini. Sehingga masyarakat tentu harus mewaspadainya dengan eksta hati-hati agar tidak terjerumus dengan narasi gerombolan teroris dan tidak semakin memuluskan jalan atau tujuan mereka memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terungkap Fakta Orang Dalam Video Merupakan Anggota KKB Setelah adanya narasi dan framing yang memutarbalikkan fakta dari KKB Papua, kemudian pihak aparat keamanan langsung melakukan penyelidikan dan pendalaman lebih lanjut untuk mengungkapkan fakta yang terjadi sebenarnya.

Ternyata ditemui bahwa aparat keamanan berhasil mengungkapkan identitas asli dari pihak yang bersangkutan, yang telah ditangkap oleh aparat keamanan.

Posting Komentar

0 Komentar