Imbas Penembakan Pesawat Trigana, Perekonomian masyarakat Yahukimo Terancam

Foto Bandara Nop Goliat Dekai Yahukimo Yang Sepi Penerbangan Akibat Ulah KKB

Dekai - Pasca terjadinya penembakan terhadap Pesawat Trigana Air pada hari Sabtu, 11 Maret 2023 oleh kelompok KKB, seluruh penerbangan pesawat penumpang dan logistik dihentikan sampai waktu yang tidak ditentukan. 

Kepala Bandara Nop Goliat, Dekai, Yahukimo, Setyani Mahendra memastikan untuk sementara waktu aktifitas penerbangan di Bandara Nop Goliat dihentikan. 

" Sejak hari ini (Minggu 12/03) sampai waktu yang tidak dapat ditentukan seluruh aktifitas di Bandara Dekai dihentikan. Penerbangan penumpang dan logistik bahan pokok dihentikan sementara waktu,"ujarnya. 


Menurutnya hal ini imbas dari penembakan pesawat Trigana Air yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata pada hari Sabtu. 


"Awalnya hanya maskapai Trigana, tetapi ini menyangkut keselamatan penerbangan, penumpang maupun crew pesawat akhirnya seluruh maskapai sepakat menghentikan untuk sementara waktu," Kata Setya. 

Masih Setyani, Berhentinya aktifitas Bandara Nop Goliat dapat berdampak negatif terhadap perekonomian di kabupaten Yahukimo. 

"Bila berlangsung dalam waktu lama, ini tidak baik. Hal ini dapat berdampak buruk pada perekonomian masyarakat di Dekai dan 131 daerah yang terdapat lapangan penerbangan perintis di Yahukimo. Ini dapat terjadi mengingat jalur masuknya bahan kebutuhan pokok masyarakat hanya melalui transportasi udara. Selain perekonomian ini juga akan mempersulit bila kita membutuhkan penerbangan Emergency seperti evakuasi masyarakat sakit, bila belum aman dipastikan tidak dapat terbang" Tambahnya. 

Untuk diketahui Bandara Nop Goliat menjadi hub bagi 34 angkutan perintis dan 131 lapangan perintis di Kabupaten Yahukimo. 

Bandara ini juga dinilai strategis karena menjadi salah satu dari delapan Bandara Korwil perintis (Mopah - Merauke , Tanah Merah - Bevendigul, Oksibil - Pegubin, Wamena - Jayawijaya, Elelim - Yalimo, Nabire - Nabire, Timika - Mimima dan Nop Goliat - Yahukimo) yang ada di Papua menghubungkan 517 desa di wilayah Yahukimo. 

Sebelumnya, pada Sabtu 11 Maret 2023, Polres Yahukimo telah menyelidiki bunyi tembakan sebanyak 9 (sembilan) kali yang dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) pada saat pesawat terbang Jenis Trigana Air PK YSC B 373-500 landing dan take off di Bandara Nop Goliat Dekai.

Posting Komentar

0 Komentar