Etinus Murib Anggap Sebby Sambom Penyebar Berita HOAX



SaguNews.com. – Pernyataan Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Sebby Sambom pada akun media sosial bahwa adanya pengeboman di Distrik Yogi, Mbua Kab. Nduga sangat tidak masuk akal hingga menimbulkan reaksi keras dari pengamat Politik Etinus Murib MH.

Menurut Etinus pernyataan Sebby hanyalah sebuah pembelaan karena merasa tersudutkan atas apa yang dilakukan yakni membunuh 31 pekerja jalan dan merupakan pelanggaran HAM dengan memutar balikkan fakta yang ada.

Etinus meyakini bahwa apa yang dikatakan Sebby merupakan pemberitaan palsu, menurutnya apabila terjadi pengeboman banyak masyarakat yang menjadi korban namun nyatanya tidak ada kejelasan mengenai berapa jumlah korban dan foto korban secara detail.

“Tidak ada pengeboman, kalaupun ada pengeboman pasti sudah banyak masyarakat yang menjadi korban apalagi yang dikategorikan bom adalah dampak dari kerusakan yang hampir berjarank radius 1 Kilometer,” tutur Etinus.

Dirinya juga menambahkan seperti yang dikatakan oleh Natalius Pigai pada media beberapa waktu lalu bahwa dalam hukum peperangan internasional siapapun yang meninggal dalam peperangan bukanlah dianggap sebagai pelanggaran HAM.

“Korban yang tewas bukan masyrakat Sipil melainkan kombatan KKB seperti statemen Natalius Pigai bahwa jika kombatan yang tewas maka itu bukan suatu pelanggaran HAM karena dalam hukum peperangan internasional seperti itu,” tegas Etinus.

Posting Komentar

0 Komentar