Yanuari Lanny "Sosok Pahlawan Muda Perekonomian Papua"



SaguNews.com. – Yanuarius Lani, Pemuda kelahiran Wamena Tahun 1992 berhasil menjadi pengusaha kopi termuda yang berasal dari papua. Siapa sangka, kini namanya melejit sebagai petani muda yang berhasil, Produksi kopi dari kebunya sangat dicari oleh penikmat kopi baik dari dalam hingga luar negeri.

Usahanya terjun ke dunia perkebunan kopi saat melihat kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai petani kopi sudah berusia lanjut dan terbatas karena faktor usia yang sudah sangat tua.

“Awalmula bergelut di perkebunan kopi ketika saya melihat orang tua saya yang sudah terbatas kemampuanya untuk berkebun, disitu saya mulai berfikir untuk membantu dan meneruskan pekerjaan orang tua saya,” tutur Yanuarius atau biasa disapa Yan.

Setelah terjun ke dunia kopi ia melanjutkan usaha perkebunan milik ayahnya dan sekarang dirinya sudah memiliki 2 hektar kebun kopi dengan jumlah 3000 pohon kopi, tidak hamya itu ia juga berniat untuk mengembangkan usahanya hingga 5 hektar kopi di desa Walesi, Kab. Wamena.

“Selama 2 kali musim panen kami bisa menghasilkan 68 ton kopi pertahun dan masih belum bisa memenuhi kebutuhan yang mencapai sekitar 150 ton pertahunya, dari situ saya ingin mengembangkan kebun saya hingga 5 hektar,” ungkap Yan.

Dari usahanya ini Yan sudah mempekerjakan 8 warga sekitar yang juga masih saudaranya sendiri untuk bersama – sama belajar berkebun kopi hingga sukses seperti dirinya.

Posting Komentar

0 Komentar