Bupati Yahukimo: Aparat Kepolisian Sudah Bertindak Sesuai Prosedur


SaguNews.com. Yahukimo - Kejadian laka lantas di Dekai kabupaten Yahukimo mengakibatkan pertikaian antara dua distrik yang menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat dan juga anggota polri (08/10).

Bupati Yahukimo Abock Busup saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan bahwa pertikaian antara dua distrik terjadi pada pukul 07.00 pagi hari, yang telah membuat banyak kerugian bagi masyarakat, dimana ada rumah warga yang di bakar oleh masyarakat dan juga mengakibatkan adanya anggota polri yang terluka.

"Selain masyarakat yang terluka akibat busur panah ada juga anggota Polri yang luka-luka akibat senjata tajam,"kata Bupati Yahukimo.

Lebih lanjut lagi, dirinya mengatakan belum bisa memastikan berapa orang yang terluka dalam kejadian ini, sampai dengan saat ini ada 20 rumah yang di bakar karena pertikaian tersebut, dan saat ini masyarakat yang luka-luka sudah dievakuasi ke rumah sakit yahukimo untuk mendapatkan pertolongan medis dan yang lebih parah akan dievakusi ke jayapura guna mendapatkan perawatan yang  lebih inten” tutur Abock

Abock Busup Menambahkan bahwa Sebenarnya ini adalah kasus Laka Lantas biasa dan tidak seharusnya menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat, tetapi ada masyarakat yang tidak terima dengan kejadian laka lantas tersebut, sehingga terjadilah pertikaian tersebut saat melerai kedua kelompok yang bertikai ada dua anggota polri terkena panah dan anggota polri melakukan tindakan tegas untuk membubarkan pertikaian, salah seorang warga terpaksa dilumpuhkan oleh aparat kepolisian  karena yang bersangkutan melakukan penyerangan ke aparat kepolisian dengan cara membabi buta. 

“Tidak ada cara lain untuk melumpuhkan salah satu masyarakat yang  melakukan penyerangan dengan cara membabi buta, dan tindakan yang dilakukan Polri bukanlah tindakan pelanggaran HAM, sekali lagi saya katakan itu bukan pelanggaran HAM, karena anggota Polri pada dasarnya mengambil tindakan tegas untuk mengamankan situasi "tutur Buapti.

Posting Komentar

0 Komentar